Tiga Operasi untuk Memperbaiki Presbiopia

Presbiopia adalah gangguan penglihatan yang mempengaruhi semua orang pada akhirnya, biasanya dimulai di atas usia 40 tahun. Banyak orang menyadari permulaan kondisi ini ketika mereka tidak dapat membaca majalah atau menu tanpa memindahkannya semakin jauh dari mata mereka. Sementara penyebab pastinya tidak diketahui, dokter dan peneliti telah menghubungkan kondisi tersebut dengan pengerasan lensa mata. Saat lensa menjadi lebih keras, lensa tidak membiaskan sinar cahaya dengan benar, dan kemampuan orang tersebut untuk fokus pada objek yang dekat menurun.

Hanya beberapa dekade yang lalu, satu-satunya pengobatan untuk presbiopia adalah penggunaan kacamata multifokal khusus. Kacamata ini pada dasarnya terdiri dari beberapa lensa yang membantu meningkatkan sinar uv merusak mata penglihatan dekat, menengah dan jauh. Saat ini, pasien memiliki sejumlah pilihan mulai dari kacamata hingga lensa kontak tingkat lanjut hingga operasi. Tiga jenis operasi utama digunakan untuk mengobati kondisi tersebut.

1. LASIK Monovision. LASIK Monovision adalah jenis khusus dari operasi mata LASIK. Selama perawatan ini, satu mata dikoreksi untuk penglihatan dekat dan mata lainnya dikoreksi untuk penglihatan jauh. Pendekatan ini berbeda dari operasi LASIK tradisional, di mana kedua mata dikoreksi untuk penglihatan jarak jauh. Setelah LASIK monovision, otak harus belajar menggunakan satu mata untuk mengamati objek dekat dan mata lainnya untuk mengamati objek yang jauh. Ahli bedah LASIK sering merekomendasikan agar calon pasien LASIK monovision terlebih dahulu “mencoba” monovision dengan lensa kontak untuk memastikan mereka dapat beradaptasi.

2. NearVision CK. NearVision CK (conductive keratoplasty) adalah perawatan presbiopia bedah lainnya. Tidak seperti LASIK, perawatan ini menggunakan energi frekuensi radio tingkat rendah untuk mengubah bentuk kornea (bagian bening mata). Dengan menajamkan bentuk kornea, ahli bedah memastikan bahwa sinar cahaya dibiaskan dengan benar ke retina untuk menciptakan penglihatan dekat yang lebih tajam. Salah satu manfaat klinik mata jakarta NearVision CK adalah tidak melibatkan pemotongan mata dan juga tanpa laser. Kelemahannya adalah CK memberikan hasil yang tahan lama tetapi sementara. Presbiopia akan terus mempengaruhi mata, dan Anda pada akhirnya akan membutuhkan kacamata baca.

3. Pertukaran Lensa Refraktif (RLE). Pertukaran lensa refraktif (RLE) pada dasarnya adalah prosedur yang sama yang digunakan selama operasi katarak refraktif. Selama operasi katarak, lensa alami pasien yang rusak akibat katarak diangkat dan diganti dengan lensa buatan. Selama RLE, lensa diganti bukan karena katarak tetapi karena telah mengeras dan tidak memungkinkan penglihatan jarak dekat. Pasien dapat memilih dari berbagai lensa intraokular (IOL), termasuk lensa multifokal dan akomodatif. Setelah lensa ditanamkan, pasien biasanya melihat jauh lebih jelas penglihatan dekat dan jauh. Pasien tidak merasakan lensa di mata, dan lensa tidak memerlukan perawatan khusus.

Jenis operasi lain untuk presbiopia adalah LASIK multifokal, juga dikenal sebagai presbyLASIK. Dalam prosedur ini, laser digunakan untuk mengoreksi kedua mata untuk penglihatan jarak dan dekat. PresbyLASIK belum disetujui oleh Food and Drug Administration untuk digunakan di Amerika Serikat, meskipun telah dilakukan selama beberapa tahun di Kanada dan Eropa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *