Bagaimana membuat policy brief yang berdampak nyata

Pernah bertanya-tanya apakah, bagaimana dan mengapa policy brief membuat perbedaan?

Ada banyak panduan yang akan memberi tahu Anda cara menulis ringkasan kebijakan yang efektif, tetapi apakah susunan kata dan desainnya yang membuat perbedaan? Sebagian.

Blog ini bukan tentang menulis ringkasan kebijakan seperti itu. Karena jika Anda berniat untuk membuat perjanjian, itu lebih dari itu. Menulis brief hanyalah sebagian kecil dari pekerjaan. Ringkasan kebijakan hanya sepadan dengan apa yang Anda lakukan dengannya. Tapi jangan khawatir. Blog ini akan membantu memandu Anda melalui proses tersebut.

Rencananya terlihat seperti ini:

Desain dan perencanaan

Loop penulisan dan umpan balik

Distribusi

Keterlibatan dan dampak

Kami akan memandu Anda melalui prosesnya dan di blog kami berikutnya, kami akan meninjau koleksi 5 ringkasan kebijakan terbaik yang pernah ada, dengan ringkasan mengapa masing-masing sangat efektif.

1. Desain dan perencanaan

Anda harus selalu memulai perjalanan dampak kebijakan Anda dengan “perjalanan pikiran Anda”: bayangkan Anda sendiri sebagai pembuat kebijakan! Kemudian tanyakan pada diri Anda:

Siapa saya? Ini penting karena ini menentukan kelompok sasaran policy brief. Apakah Anda menargetkan orang-orang dalam instansi Pemerintah tertentu, yang cenderung memiliki minat yang relatif terfokus pada topik tersebut, dengan tingkat kompetensi teknis yang relatif tinggi? Dalam kasus ini, Anda perlu memasukkan beberapa detail teknis, sehingga spesialis ini dapat mengambil keputusan sendiri tentang kredibilitas pekerjaan Anda. Atau apakah Anda memberi pengarahan kepada analis kebijakan dalam departemen Pemerintah yang menasihati Menteri, atau anggota parlemen dan Menteri itu sendiri? Dalam kasus ini, ringkasan kebijakan Anda harus jauh lebih pendek, dengan detail teknis yang jauh lebih sedikit dan bahasa yang jauh lebih sederhana.

Kapan saya akan membaca policy brief adalah sebagai waktu yang pas? Ini mungkin menentukan kapan dan bagaimana dan dalam format apa untuk mendistribusikan brief (misalnya elektronik, versi kertas, kapan menjadwalkan email dengan lampiran brief, seperti malam, bahkan akhir pekan, apakah akan dibaca saat sarapan atau di kereta /penerbangan?)

Berapa banyak waktu yang saya miliki untuk memberi pengarahan kepada diri sendiri tentang masalah penelitian? Ini penting untuk menentukan panjang ‘brief’. Jika Anda mengarahkan ‘perjalanan pikiran’ Anda menuju politisi tingkat tinggi, ringkasan harus sesingkat 1 halaman saja! Orang lain mungkin menghabiskan waktu hingga 30-60 menit untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail tentang sisi sains dari berbagai hal. Salah satu pendekatannya adalah dengan melakukan ‘tes sarapan’, karena ringkasan kebijakan harus dibaca dan dipahami dalam jangka waktu yang dibutuhkan untuk minum kopi saat sarapan.

Mengapa saya harus mengambil policy brief? Apa yang mungkin menarik perhatian Anda? Bagaimana Anda bisa membuatnya menarik secara visual, dengan judul yang menarik? Jenis ‘tali pengikat’ atau ‘penggoda’ seperti apa, yang mungkin didasarkan pada temuan kunci, yang dapat mendorong politisi untuk membacanya?

Apa yang ingin saya ketahui? Apa masalah kebijakan yang paling mendesak dan lebih luas? Dapatkah Anda menautkan ke pertanyaan dan masalah kebijakan yang penting dan terkini? Jika pekerjaan Anda hanya satu kontribusi kecil untuk masalah yang lebih luas, dapatkah Anda berkolaborasi dengan peneliti lain yang bekerja di bidang yang sama untuk membuat ringkasan kebijakan yang mencakup penelitian Anda, tetapi itu mungkin dianggap memiliki signifikansi politik yang lebih besar? Apakah sekarang saat yang tepat untuk mengeluarkan policy brief Anda jika ada masalah besar lain yang membanjiri agenda kebijakan di wilayah Anda?

Apakah ini sesuai dengan tujuan dan ideologi saya sebagai pembuat kebijakan? Banyak pelaku kebijakan mencari penelitian yang lebih jauh dari agenda mereka sendiri dan melegitimasi pandangan dan ideologi mereka. Mereka tidak mungkin mengubah nilai dan keyakinan fundamental ini berdasarkan satu policy brief, jadi pastikan Anda menyusun rekomendasi Anda dengan hati-hati, sehingga rekomendasi tersebut tidak langsung memicu reaksi negatif berdasarkan anggapan ketidakcocokan ideologis. Ini tidak berarti Anda perlu membuat rekomendasi politik atau mengubah temuan Anda agar sesuai dengan pandangan politisi – jauh dari itu. Namun sungguh mengejutkan, seberapa jauh Anda dapat menyesuaikan cara Anda mengkomunikasikan temuan Anda agar menarik bagi pelaku kebijakan yang berbeda tanpa mengubah penelitian dengan cara apa pun.

Mengapa peneliti menghubungi saya? Apakah politisi yang menjadi sasaran memiliki kekuatan untuk benar-benar mengubah sesuatu dari rekomendasi yang diinginkan? Mungkin Anda harus membentuk hubungan saling percaya dengan mereka terlebih dahulu untuk mendapatkan kredibilitas (lihat bagian terakhir tentang keterlibatan dan dampak di bawah).

Siapa peneliti ini sebenarnya? Indikator apa yang dapat dengan cepat meyakinkan pembuat kebijakan dengan waktu terbatas bahwa Anda memiliki pengetahuan dan cukup kredibel untuk menyampaikan pesan? Jika Anda sendiri tidak memiliki profil tinggi, indikator penghargaan apa yang mungkin membuat mereka mempercayai Anda melalui proxy, seperti afiliasi kelembagaan Anda, lencana penyandang dana penelitian Anda, atau lebih banyak mentor dan supervisor akademis senior yang membantu Anda menulis ringkasan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *