Kebijakan HAKI di Indonesia

Hampir semua perusahaan memiliki kekayaan intelektual yang penting untuk kesuksesan mereka, baik berupa paten, merek dagang, atau hak cipta. Ada juga contoh di mana perusahaan memperoleh aset IP dari perusahaan lain dan dalam kasus seperti itu, audit IP diperlukan. Ini memastikan bahwa perusahaan Anda mengawasi aset berharga ini, mengurus dokumen yang diperlukan, dan dapat memperoleh keuntungan darinya jika memungkinkan. Tetapi jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya, dari mana Anda memulai? Bagaimana seseorang memulai dengan audit IP? Berikut adalah langkah-langkah dasar yang perlu Anda lakukan.

Pertama dan terpenting, Anda haki memerlukan daftar periksa, mengidentifikasi semua IP yang dimiliki perusahaan Anda. Buatlah daftar awal, hanya untuk memastikan Anda memiliki daftar semua aset. Lakukan ini secepat mungkin, karena hak kekayaan intelektual biasanya memiliki batasan waktu. Jika terlalu banyak pekerjaan, pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan dari luar, yang tahu apa yang harus dicari dan apa yang harus dilakukan. Buat daftar awal ini, dengan memeriksa semua dokumen yang Anda miliki. Anda juga dapat menghubungi kantor dan asosiasi pemerintah yang diperlukan. Nanti, Anda dapat memperluas daftar ini untuk memasukkan rincian lainnya, seperti tanggal mereka didaftarkan, tanggal biaya yang sesuai harus dibayar dan kapan mereka kedaluwarsa. Ini akan membantu Anda menentukan garis waktu untuk langkah dan tindakan selanjutnya yang perlu diambil.

Selanjutnya, Anda harus mengidentifikasi IP mana yang tidak Anda gunakan, dan Anda dapat melepaskan atau menghasilkan uang melalui lisensi. Ini memastikan bahwa Anda tidak akan membuang-buang waktu dan uang yang berharga dengan pemeliharaan, dan Anda dapat memanfaatkan IP Anda dengan sebaik-baiknya. Misalnya, jika Anda memiliki hak atas sebuah lagu, Anda dapat membuatnya tersedia untuk digunakan di TV dan film. Atau jika Anda memiliki paten untuk suatu proses, Anda dapat melihat-lihat dan melihat apakah ada perusahaan lain yang dapat menggunakannya untuk tujuan mereka.

Terakhir, saatnya mengambil tindakan. Setelah Anda mengidentifikasi aset Anda, dan menentukan aset mana yang dapat Anda simpan dan mana yang harus digunakan, Anda harus merencanakan dengan hati-hati untuk mengambil tindakan terbaik bagi perusahaan Anda. Anda harus menyiapkan semacam prosedur manajemen, atau menugaskan seseorang untuk mengelola kekayaan intelektual Anda untuk Anda dan perusahaan Anda, karena waktu Anda mungkin lebih baik dihabiskan untuk mengerjakan bisnis Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *